KETERSEDIAAN WASTAFEL SMA N 1 MUNTILAN UNTUK MENYAMBUT KENORMALAN BARU

KETERSEDIAAN WASTAFEL SMA N 1 MUNTILAN UNTUK MENYAMBUT KENORMALAN BARU

Wastafel berjejer indah mendukung budaya cuci tangan .       Foto: Dokumen sekolah    


Era New Normal yang digaungkan sejak Juni 2020, menuntut adanya kebiasaan baru dalam menjaga pola hidup bersih dan hidup sehat. Program yang dicanangkan pemerintah untuk menekan penularan Covid-19 ini tentu tidak bisa didukung dengan berbagai upaya.

        Bagi sekolah, himbauan ini mengundang konsekuensi yang tidak murah. Sekolah dituntut untuk menyediakan sarana prasarana yang memadahi untuk melaksanakannya. SMA N 1 Muntilan tanggap terhadap hal ini. Satu per satu tuntutan sarana prasarana tersebut dipenuhi.

Himbauan 5 M

      Protokol Kesehatan yang perlu diterapkan di era New Normal mencakupi (3M), yakni Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak. Untuk itu, selain menyediakan masker (yang sekarang sudah menjadi bagian dari pola hidup sehat), sekolah juga menyediakan tempat mencuci tangan di beberapa tempat.

        Sebenarnya, keberadaan wastafel ini sudah menjadi bagian dari kebiasaan warga SMA N 1 Muntilan. Namun, pada masa pandemi, fasilitas cuci tangan ini diperbanyak, sehingga nantinya, warga sekolah tidak perlu berdesakan untuk mencuci tangan.

Alami

        Untuk menyediakan wastafel ini sekolah mengambil bahan alami dari batu-batuan. Selain itu, sekolah juga mengedepankan pemberdayaan lingkungan. Oleh karenanya, sekolah melakukan pembelanjaan di unit-unit UMKM di sekitar sekolah. Selain menjalin hubungan silaturrahmi dengan tetangga sekolah, hal ini juga bisa menghidupkan sektor ekonomi lingkungan sekolah.

        Tak hanya itu, sekolah juga memperhatikan segi estetika. Untuk itu, wastafel yang dipilih bukan bentuk geometris yang memiliki sudut. Sebab, wastafel dengan bentuk demikian ini terkesan kurang ramah dan kaku. Di SMA N 1 Muntilan, wastafel yang dipilih adalah bentuk lingkaran yang lebih luwes dan fleksibel. Bentuk wastafel yang berjajar rapi di kelas ini diharapkan akan tetap terjaga kebersihan dan keindahannya jika sekolah sudah melakukan pembelajaran tatap muka.