PERCANTIK SEKOLAH DENGAN GAZEBO

PERCANTIK SEKOLAH DENGAN GAZEBO

Dua gazebo tampil cantik di tengah lingkaran gedung.    Foto: Dokumen sekolah       


Menghadirkan gazebo di sekolah bukanlah hal yang berlebihan. Sejujurnya, ini adalah bentuk kearifan lokal yang seharusnya dicontoh oleh sekolah lain. 

        Gazebo sudah menjadi jati diri bangsa Indonesia sejak dulu. Meskipun namanya terkesan asing, sebenarnya gazebo sudah melekat pada budaya Indonesia. Beberapa daerah masih mengekalkan nama derah, seperti saung (Sunda) atau Gubug (Jawa)

        Keberadaan Gazebo di sekolah mestinya bisa difungsikan untuk banyak kegiatan positif. Sekolah merupakan tempat yang digunakan untuk belajar dan menuntut ilmu. Oleh sebab itu sekolah sangat penting dibuat sebaik mungkin dengan disediakan fasilitas dan sarana yang dapat menunjang proses belajar peserta didik. 

        Selain fasilitas dan sarana yang memadai, sekolah juga membutuhkan lingkungan belajar yang nyaman. Dengan lingkungan belajar yang nyaman akan memudahkan peserta didik untuk berkonsentrasi sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal.

Merawat Budaya

        Untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang nyaman, kini SMA Negeri 1 Muntilan memiliki sepasang gazebo yang terletak di taman sekolah. Bangunan tersebut berdiri di taman kecil depan Koperasi Siswa. Si kembar ini berukuran 4 meter x 4 meter, kokoh ditopang empat tiang penyangga di setiap sisinya. 

        Atapnya dibuat dengan mengusung desain budaya jawa, warna coklat tua semakin menguatkan kesan otentik dari gazebo tersebut. Corak tradisional yang berbeda dengan bangunan sekolah lainnya menjadi daya tarik tersendiri bagi gazebo tersebut. Di sekelilingnya terdapat tabulampot (tanaman buah dalam pot) dengan berbagai macam buah-buahan seperti kedondong, jeruk, jambu air dan lainnya. 

        Bayangkan saja, dengan sisi-sisi yang terbuka siapapun yang sedang berada di dalamnya dapat menikmati indahnya taman dan sejuknya udara yang tertiup angin. Tak heran kini sepasang gazebo kembar menjadi spot favorit baru bagi warga sekolah yang sudah mencobanya.

Menembus Cakrawala

        Diskusi, kerja kelompok, mengerjakan tugas, bincang-bincang, makan, minum, istirahat melepas penat hingga rebahan pun bisa dilakukan di gazebo ini. Setelah seharian belajar atau bekerja akan muncul rasa penat di dalam diri. Dengan merebahkan tubuh di gazebo tentu dapat membantu mengembalikan energi untuk melanjutkan aktivitas. 

        Beli makanan dan minuman di koperasi siswa kemudian menikmatinya di dalam gazebo bisa menjadi pilihan yang patut untuk dicoba saat hadir di sekolah. Bisa jadi kenikmatannya berlipat ganda karena kombinasi memanjakan lidah dan indera yang lainnya menyatu padu. 

        Tidak hanya sebatas hiburan, gazebo sekolah mampu membawa imajinasi kita menembus cakrawala menemukan makna-makna dalam mengerjakan tugas, kerja kelompok, berdiskusi, studi literasi hingga bertukar opini. Sangat disayangkan jika hanya dipandang saja tanpa mencobanya. Oleh karena itu sekolah berharap keberadaan gazebo tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh warga sekolah terlebih ketika pembelajaran tatap muka dibuka kembali.